Sunday, November 10, 2013

Dicari : Pahlawan Sejati

Namanya pahlawan, adalah seseorang atau mereka yang telah memberikan dirinya untuk membela kebenaran-keadilan-kemerdekaan untuk negaranya. Bangga sekali rasanya hidup di negara ini, yang telah banyak memiliki pahlawan. Tentu saja, sudah banyak mereka yang memberikan hidupnya bagi negara tercinta ini. Dan tak tahu kenapa segera terkenang begitu banyaknya pahlawan yang diceritakan di buku waktu aku Sekolah Dasar dulu, mereka yang telah berkorban bagi ibu pertiwi ini.

Hari ini aku mengikuti sebuah acara yang punya cara sendiri memperingati hari pahlawan ini. Kami menyebutnya ibadah ucapan syukur dan penyerahan diri untuk siap menjadi pahlawan muda-pahlawan masa kini. Benar, dinamakan pahlawan muda karena kebanyakan yang mengikuti adalah siswa-siswi yang masih muda, namun punya semangat memberi diri untuk membangun bangsa ini. Belum jelas di depan sana akan menjadi apa, kuliah jurusan apa. Namun satu hal yang pasti ketika hidup ini kami berikan untuk mengabdi bagi bangsa ini.

Setelah aku mengikuti acara ini dan berbincang-bincang  tentang pahlawan sejati dengan beberapa orang pahlawan muda itu, aku pun beranjak ke toko buku yang cukup terkenal di negara ini. Setibanya disana yang pertama kali ku tuju adalah rak buku bagian anak-anak. Tentu saja, karena aku besok ingin berdongeng pada murid-muridku tentang pahlawan dan aku ingin semakin memperlangkapi diriku untuk esok hari. Aku ingin mengenalkan pahlawan sejak dini kepada mereka serta memotivasi mereka melanjutkan perjuangan para pahlawan negara. Tidak muluk-muluk, aku hanya ingin mengajarkan mereka hal-hal kecil namun berarti bagi bangsa ini. Misalnya: menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya, menggali potensi anak untuk menjadikan anak yang mengharumkan negara ini.  Tak berapa lama, aku pun menemukan beberapa buku yang aku inginkan, namun aku hanya memilih satu saja. Lalu, aku melihat-lihat dan membaca sekilas  ke rak bagian novel dan pengembangan diri.

Tak mau berlama-lama, aku pun segera ke cashier untuk segera melakukan pembayaran. Maklum, sudah sedikit malam, aku harus segera pulang. Karena tidak ada yang akan menjemputku dari sana dan mengantarkanku pulang. Ya, aku juga sedang membiasakan diri menjadi wanita tangguh, wanita mandiri, beradaptasi dengan dunia baru. Aku tak mau mengalah terhadap kondisi, aku tak mau larut dalam keadaan. Aku mau terus berjuang untuk hidup. Aku mau menjadi pejuang, pahlawan masa kini. Untuk hidup yang lebih baik, lebih berguna. Aku siap melanjutkan kisah perjuangan hidupku bersama mereka yang juga ku sebut pahlawan.

Ayo, kita lanjutkan perjuangan para pahlawan kita dengan meberikan diri kita. Ayo, kita lanjutkan hidup kita untuk bisa membanggakan tanah air ini. Tak secara kebetulan Sang Pencipta menghadirkan kita di bumi pertiwi ini, tentu saja ada sebuah maksud. Ayo, penuhi panggilan bumi pertiwi ini.  Selamat hari pahlawan Indonesiaku. Selamat hari pahlawan para pahlawan yang telah gugur.  Selamat hari pahlawan para pejuang hidup-pejuang muda-pejuang masa kini. Selamat hari pahlawan.

0 comments:

Post a Comment